Aku Lupa Aku Berharga

by Rriryby

Memilih berada dalam situasi tidak menyenangkan, di mana aku tidak akan diprioritaskan. Aku lupa aku berharga.

Mencoba lebih banyak mengerti dan mengabaikan rasa ingin dimengerti. Aku lupa aku berharga.

Memutar kepala mencari topik menyenangkan, padahal pembicaraan hanya akan berjalan searah. Aku lupa aku berharga.

Aku lupa aku berharga, dengan tidak mengindahkan rasa keberatan, pengalaman tidak menyenangkan, penolakan.

Aku terlalu berusaha keras menghargai orang lain, hingga lupa menghargai diriku sendiri.

Padahal, tidak ada yang lebih kuat dan lebih hebat dari aku, dalam hal menyelamatkan diriku sendiri dari berbagai pengalaman tidak menyenangkan.

Padahal, aku sudah melewati jalan yang begitu panjang dan berat untuk sampai di hari ini.

Padahal, semakin lama aku berada dalam kondisi seperti, aku akan segera kehilangan diriku sendiri.

Padahal, banyak sekali yang ingin melihatku utuh lagi.

Sebagaimana pesan ayahku sebelum meninggal: Jadilah bahagia!

Pesan yang sungguh sederhana dan seharusnya mudah diingat. Tapi, tetap saja: aku lupa aku berharga.